ASRAMA PONDOK PESANTREN AL-ROZI AMBRUK DITERJANG BADAI

 

SEDUPI -- Bukan suatu yang aneh lagi bahwa pada bulan November hingga Desember ini cuaca dimana-mana ektrim tak terkecuali di Desa Sedupi Kecamatan Tanah Abang kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Akibat curah hujan tinggi dan angin yang kencang, bangunan Asrama Santri Ponpes Al-Rozi, ambruk.

Akaibatnya, bangunan berukuran lebar 5 meter dan panjang 24 meter yang dihuni oleh 25 orang santri tersebut roboh dan terendam air.

Dijelaskan Mudir Ponpes Al-Rozi Sedupi; Ustd Sutan Syahrin D melalui Stafnya Arahman Sari SpdI, kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa, namun kerugian materill ditaksir puluhan juta rupiah. “Selain merusak bangunan, perabotan, buku-buku serta pakaian santriwan juga rusak,” jelasnya.


Saat kejadian, asrama memang kosong karena para santri sedang berada di dalam masjid melakukan aktivitas pondok seperti biasanya kecuali dua orang wali santri Juniadi, Fikyen, dan anak kecilnya yang kebetulan saat itu datang ke asrama untuk mengantar beberapa keperluan anaknya yang mondok mencari ilmu disana.

“Begitu sampai di teras asrama datang angin kencang dan asramapun bergerak –gerak seperti ada gempa tiba-tiba bangunan asrama pun seketika jatuh dari tiangnya roboh dan terendam air. Saat itu sontak istrinyapun menjerit ketakutan,” tutur Juniadi.

Bangunan Asrama yang dikelilingi oleh bangunan yang lain dihubungkan dengan jembatan kayu  ini membutuhkan penanggulangan yang cepat karena untuk menempatkan para santri sebagai tempat istirahat tidur.

Saat ini para santri terpaksa ditampung di masjid yang biasa digunakan untuk aktivitas kegiatan belajar. Lokasi pondok Pesantren yang  terletak di dataran rendah ini memang rawan banjir sehingga bangunannya pun harus dibuat bertiang.



Kepada BeritaPALI Mudir Ponpes Al-Rozi ;Sutan Syahril menyampaikan harapanya kiranya pihak pemerintah maupun swasta dapat membantu meringankan masalah yang menimpa pesantren ini sehingga para santri dapat belajar yang  layak dengan keadaan yang normal kembali. Kepala Desa Sedupi Amran saat dikonfirmasi turut prihatin dengan musibah yang menimpah pondok pesantren Al-Rozi dan akan mengajak warganya untuk dapat berbuat sesuatu membantu persoalan anak bangsa ini khususnya para santri Al-Rozi.[ard]

Subscribe to receive free email updates: