Miliki Berat 965 Kg, Sapi Kurban Presiden Berasal Dari SBB


AMBON - BERITA MALUKU.
Pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah/Tahun 2024, Presiden RI Joko Widodo kembali menyumbangkan satu ekor sapi untuk Maluku.


Sapi jenis peranakan ongole itu ternyata dibeli dari sentra peternak di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).


Sumbangan sapi berusia empat tahun itu, memiliki berat hampir mencapai 1 ton, atau sekitar 965 Kg.


Sapi kurban tersebut telah diserahkan secara simbolis oleh Penjabat Gubernur, Sadali Ie bersamaan bantuan seekor sapi jenis dari Pemerintah Provinsi Maluku kepada pihak Masjid Al-Fatah Ambon, Kamis (13/06/2024).


Sapi dari Pemerintah Provinsi memiliki berat 850 Kg, yang di beli dari sentra peternak di Kabupaten Buru. 


Secara keseluruhan, Untuk Idul Adha tahun ini, Pemerintah Provinsi Maluku siapkan 156 ekor hewan kurban terdiri dari 105 ekor sapi dan 50 ekor kambing untuk disalurkan ke masyarakat Maluku.


Penjabat Gubernur, Sadali Ie berpesan agar umat Islam dapat mengikuti jejak nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail, yang dengan penuh keikhlasan lahir batin memenuhi perintah Allah.


Berkurban hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu, tulus serta ikhlas, sebagai sarana, untuk membersihkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.


“Jadilah sosok Nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan batinnya kepada kedua orang tua,” ujarnya.


Sadali berharap momentum berkurban ini mampu menjadi salah satu upaya, untuk menghilangkan jurang pemisah antara yang mampu dan tidak mampu agar bisa hidup berdampingan saling tolong menolong dengan penuh kedamaian,” ungkap Sadali.


"Semoga kita semua dapat menjadi Muslim-Muslimat yang memiliki kualitas keikhlasan yang lebih baik dalam menjalankan perintah Allah SWT," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates: