Sekretaris DPRD Tanimbar Beri Nilai dan Bonus Untuk Dua Siswa Prakerin


SAUMLAKI - BERITA MALUKU.
Dua orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Saumlaki yang baru saja selesai menjalani masa Praktek Kerja Industri (Prakerin) pada Kantor DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar diberikan nilai beserta bonus oleh Sekretaris DPRD, Polly Sabono. 


Pemberian nilai dan bonus kepada dua siswa prakerin tersebut dilakukan di ruang kerja Sekwan, Selasa (06/10/2020).


Dua siswa tersebut, yakni Henderjeta Kewilaa dan Yeremias Sasake siswa SMK Negeri 2 jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.



Keduanya telah menjalani masa prakerin selama kurun waktu sebulan di DPRD KKT. Alasan masa prakerin yang hanya satu bulan tersebut, adalah karena pertimbangan adanya masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung akhir-akhir ini, sehingga jangka waktunya diperpendek dari yang seharusnya selama tiga bulan menjadi satu bulan.


"Walau hanya sebulan, namun inilah dunia kerja yang nyata. Apa yang didapatkan di bangku pendidikan tidak sama dengan dunia kerja. Prakerin ini ada karena sekolah adik-adik adalah sekolah yang siap bekerja yang jurusannya dipersiapkan untuk terjun ke dunia kerja. Teori di sekolah, berbeda dengan praktek di lapangan, olehnya itu, harus disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik," pesan Sekwan Sabono.


Sekwan menjelaskan, setelah mengikuti Prakerin selama sebulan, akan menjadi modal pengalaman kedepan ketika selesai sekolah nanti dan diperhadapkan dengan pekerjaan nantinya. Sekwan Sabono yang mewakili pimpinan DPRD KKT, sempat mewawancarai kedua siswa Prakerin tersebut. Ia menanyakan tentang kesan mereka saat berada selama sebulan di Gedung Wakil Rakyat ini. 


Kedua siswa sama-sama menjawab bahwa dengan Prakerin sebulan penuh, banyak pengalaman yang didapati, diantaranya waktu bekerja tak sama seperti waktu bersekolah. Bekerja memerlukan waktu dan tenaga, serta stamina yang ekstra. Ditambahkan pula, pimpinan DPRD bersama seluruh wakil rakyat maupun seluruh staf yang ada, memiliki karakter yang ramah, karena selama mereka disana, ada jalinan komunikasi yang baik.



"Kesan yang bisa kami sampaikan adalah, dengan Prakerin ini, kami semakin memiliki banyak pengalaman. Waktu, tenaga, dan stamina selalu dikedepankan saat bekerja di kantor. Tidak sama seperti saat di sekolah. Ketua dan para anggota dewan maupun staf yang ada disini semuanya ramah dan ada komunikasi baik dengan kami," ungkap kedua siswa saat diwawancarai oleh Sekwan.


Seusai mewawancarai kedua siswa tersebut, Sekwan yang juga didampingi Kepala Bagian Umum serta Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol DPRD KKT kemudian menyerahkan dua lembar sertifikat dengan predikat penilaian baik kepada keduanya, serta ada pula tambahan pemberian bonus dan foto bersama.


"Saya mewakili pimpinan dan seluruh staf yang ada di sini hanya berpesan, tolong sampaikan salam hormat dari kami di DPRD kepada guru pendamping kalian. Walaupun tidak banyak yang didapat disini, namun minimal adik-adik sudah mendapat pengalaman di sini," pesan Sekwan Sabono. (ys)

Subscribe to receive free email updates: