Arman Keluhkan Mandeknya Pembangunan Dermaga Wailey, Kadishub: Masih Dalam Tahap Review Kemenhub

Asri Amran

AMBON - BERITA MALUKU.
Anggota Komisi III DPRD Maluku, Asri Arman mengeluhkan mandeknya pembangunan dermaga Wailey di Desa Latu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).


Keluhan ini disampaikan Arman dalam rapat komisi III bersama mitra, yang berlangsung di ruang sidang paripurna, DPRD Maluku, Senin (19/10).


Menurutnya pencanangan tiang dermaga di laut, telah dilaksanakan dari tahun 2010, namun sampai saat ini belum juga selesai dikerjakan. 


"Anggaran pertama pembangunan jembata Wailey sudah dicairkan, tapi pekerjaan belum tuntas," ucapnya.


Ia mengungkapkan, permasalahan saat ini terkait tanah. Semestinya sebelum pekerjaan dilakukan, sudah harus menyelesaikan peesoalan tanah masyarakat.


"Kalau dilihat sari sisi perencanaan orang melaksanakan tidak paham. Sisi perencanaan tanah bermasalah, kenapa dilanjutkan. Alasan kenapa belum dibangun. Perjuangkan anggaran lama tapi tidak tepakai," tuturnya.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad Malawat, mengatakan beberapa waktu lalu tim Kementerian Perhubungan telah turun langsung melakukan review desain, sekaligus memastikan pembebasan tanah. 


"Karena pelabuhan bentuk L, ada penduduk yang meminta tanah di sekitar dermaga. Jadi tim dari pusat turun kesana untuk mereview desain terhadap pembangunan untuk memastikan hal itu," cetusnya. 


Setelah review selesai dilaksanakan, jelasnya akan keluar DAD atau detail engineering design.


Setelah itu, ungkap dia baru dimasukan dalam usulan anggaran pembangunan dari APBN.

Subscribe to receive free email updates: