Siswa TK Negeri Savana Jaya Terapkan Cara Belajar di Rumah

NAMLEA - BERITA MALUKU. Sejak wabah covid-19 merebak hingga sampai ke Pulau Buru, Provinsi Maluku, anak-anak sekolah khususnya siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Savana Jaya di Kabupaten Buru tak diperkenankan  mengikuti sistim belajar tatap muka secara langsung di sekolah. Namun pihak sekolah menerapkan cara belajar di rumah kepada siswa masing-masing.

“Sejak adanya pandemic covid-19, kami dari pihak dewan guru tingkat Taman Kanak-Kanak di Desa Savana Jaya, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru menerapkan belajar dan mengajar dari rumah siswa siswi,” kata Kepala Sekolah TK Negeri Savana Jaya, Siti Sundari kepada media ini, Rabu (268/2020).

Dikatakan, sejak adanya pandemik di daerah ini, inisatif dirinya bersama dewan guru mengambil untuk menyajikan pembelajaran kepada siswa dan siswi tingkat TK di rumah siswa masing-masing dengan sistim belajar dalam satu hari untuk delapan kelompok, yakni dibagi untuk jam belajar pagi dan siang. Dan ini sudah berlangsung selama empat bulan berjalan.

Jam pembelajaran pagi, dibagi empat kelompok. Dan setiap kelompok berjumlah 6 hingga 7 anak untuk shit pagi jam belajar mulai pukul 08.00 wit hingga 09.00 wit sedang kelompok shit siang dimulai 09.00 hingga 10.00 wit.

“Kita mengambil langkah ini, karena selama Pandemi, siswa dari orang tua wali murid mengeluh/jenuh anaknya tidak ikut pendidikan,” kata Kepsek TK.

Dikatakan, jumlah siwa dan siswi yang tertampung pada sekolah TK ini berjumlah 65 siswa dengan jumlah guru lima orang, dintaranya,d ua orang ASN dan tiga lainnya nerupakan guru honorer sekolah.

“Saat ini walaupun dua Ruang Rombongan Belajar (Rombel) yang dibangun Pemerintah Daerah ditambah satu ruang kantor, namun dengan jumlah siswa yang cukup banyak ini, akhirnya kami bersama orang tua wali murid membangun dua Robel darurat yang membutuhkan kayu dan tripleks dengan anggaran dari swadaya masyarakat,” ungkap Sundari. (Adam Kiat)

Subscribe to receive free email updates: