Pelayanan Publik Perlu Ditingkatkan, Pemprov dan Pemkab/Pekot Dituntut Berinovasi

AMBON - BERITA MALUKU. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB), Diah Natalisa melakukan kunjungan kerja di Maluku, untuk melakukan pendampingan kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, dalam hal pelayan publik.

Dalam pertemuan yang berlangsung di lantai tujuh kantor Gubernur, Senin (24/08), bersama jajaran pemerintah provinsi Maluku, Pemerintah Kota Ambon, dan pemerintah kabupaten/kota lainnya secara virtual, ia menilai masih banyak hal yang perlu ditingkakan dalam hal pelayanan publik.

Dikatakan, ada banyak hal yang masih perlu ditingkatkan, dalam hal perlu adanya kolaborasi bersama seluruh komponen masyarakat, dengan mendengarkan aspirasi dari masyarakat sebagai feedback bagi pemerintah sebagai penyelenggara.

Menurutnya, masukan dan harapan dari masyarakat terkait pelayanan pubik sangat dinamis, yang dulu puas sekarang belum tentu puas. Olehnya itu, perlu diimbangi, walaupun dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki, namun harus berupaya memenuhi harapan masyarakat, dalam memperkuat pelayanan publik dari sisi kompetensi, infrastruktur, dalam hal penerapan teknologi informasi. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19, harus tetap menjadi produktif, memperhatikan protokol kesehatan.

“Bagaimana kita bisa melayani masyarakat, kalau kita sendiri kurang sehat. Dua-duanya harus jalan optimalkan penggunaan teknologi informasi, kalau ada perubahan-perubahan dalam SOP atau standar pelayanan, masyarakat harus diinformaskan dengan jelas. karena kadang-kadang kalau tidak diinformasikan dengan baik akan menimbulkan miss komunikasi,” ucapnya.

Jelasnya, sebagai penyelenggara dituntut untuk cepat dalam melayani masyarakat, walaupun tidak secepat harapan masyarakat. Walaupun masyarakat tidak akan pernah puas, mengiginkan yang lebih lagi, begitu kan hukumnya teori motivasi maslow, setelah harapan dipenuhi maka harapan akan semakin menjadi lebih tinggi, Menerima komplain dari masyarakat itu adalah hal yang biasa. Justru dengan saran dari masyarakat menjadi ruang untuk melalukan perbaikan.

Untuk itu, jelas Natalisa perlu ada inovasi yang dilakukan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, dengan memahami kebutuhan masyarakat dan komitmen, bukan hanya dari pimpinan yan paling tinggi tapi diterjemahankan oleh jajaran OPD.

Ia berharap, kedepan sistem pelayanan informasi  di Maluku akan semakin baik, dalam hal data, yang bisa diintegrasikan dengan sistem.

“Jadi tidak sendiri-sendiri sehingga masyarakat dapat dengan mudah melihat pelayanan publik itu sendiri. Besok saya akan melihat Kota, apalagi kota Ambon menang pelayanan publik City of Music tahun lalu kita akan lihta, kita akan mampir ke POlda akanketemu Kapolda untuk kita evaluasi pelayanan publik di Polres-Polres," tandasnya.

Subscribe to receive free email updates: