Ayo Intip 3 Fasilitas Wah Buat Anies Baswedan, Kabarnya Mobil Dinas Baru, Yang Lama Udah Tua Katanya...

Besok, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI. Keduanya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Senin (15/10) pukul 16.00 WIB. 

Sebagai gubernur dan wakil gubernur, keduanya tentu berhak menerima sejumlah fasilitas dari Pemprov DKI. Lalu, fasilitas apa saja yang akan diperoleh Anies-Sandi selama menjabat nanti? 

1. Rumah Dinas

Rumah Dinas bergaya kolonial yang terletak di Jalan Taman Suropati No.7, Menteng, Jakarta Pusat disiapkan bagi Anies Baswedan saat menjabat gubernur nanti. Sementara itu, rumah dinas di Jalan Denpasar, Blok C 7/48 Kuningan, Jakarta Selatan diperuntukkan  bagi Sandi.

Berbagai perbaikan dan persiapan untuk menyambut gubernur dan wakil gubernur baru pun telah dilakukan. 

“Rehab atap garasi sudah kita beresin,” kata Kepala Biro Umum Pemprov DKI Firmansyah menjelaskan perihal perbaikan kebocoran yang dialami rumah antik tersebut kepada kumparan (kumparan.com), Rabu (11/10). 

Rumah dinas wakil gubernur di Jalan Denpasar turut dibenahi. “Rumah dinas Denpasar kita kasih wallpaper,” lanjutnya. 

Di luar perbaikan rumah, personel untuk merawat dan menjaga rumah dinas juga sudah disiapkan. “2 orang per hari berarti dia ada 3 regu,  jadi (total) 6,” kata Mart Achmad dari Bagian Rumah Tangga Kepala Biro Umum Pemprov DKI.

Total kira-kira 20 orang akan berugas di Rumah Taman Suropati. Mulai dari tukang kebun, mekanik, listrik, serta petugas pengamanan dalam (pamdal).

Sementara itu, di rumah dinas wakil gubernur, petugas mekanik dan listrik akan membantu keperluan Sandi. Petugas pamdal yang disiapkan di Rumah Denpasar mencapai 3 orang, dengan pembagian 1 pamdal setiap shift-nya.

Namun, tidak ada kewajiban  bagi gubenur dan wakil gubenur untuk menggunakan rumah dinas. Gubernur terdahulu, Ahok memilih tidak menggunakan rumah dinas di Taman Suropati. Pasalnya, ia memilih menggunakan rumah  pribadinya yang berada di Pluit, Jakarta Utara. 

Sedangkan untuk Djarot Saiful Hidayat sejak awal memilih tinggal di rumah dinas Jalan Besakih. Setelah Ahok  ditahan akibat tersandung kasus penistaan agama, Ahok meminta Djarot untuk pindah ke rumah dinas Taman Suropati.

Anies sendiri mengatakan akan pindah ke rumah dinas. Menurut dia, rumah pribadinya yang terletak di Jalan Lebak Bulus Dalam terlalu jauh dan akan lebih efektif jika ia tinggal di Suropati. 

2. Ajudan

Baik masing-masing gubernur dan wakil gubernur akan mendapatkan dua ajudan yang sifatnya melekat. Namun, jumlah ajudan yang membantu ini tidak baku. Baik gubernur dan wakil gubernur berhak meminta tambahan personel ajudan kepada Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov DKI, sesuai dengan kebutuhannya.
Sementara itu, sehari-hari, gubernur dan wakil gubernur juga akan mendapatkan pengawalan khusus dari Dinas Perhubungan DKI. Masing-masing dikawal dua pemandu bermotor, dan satu mobil pengawal.

Selain itu,penambahan personel pengamanan juga tidak hanya dibatasi dari kalangan Pemprov DKI. Seperti contoh, gubernur terdahulu Basuki Tjahaja Purnama yang memiliki 10 ajudan yang merupakan perbantuan dari Polda Metro Jaya.

3. Mobil Dinas

Ada dua mobil dinas berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang disiapkan Pemprov bagi Anies dan Sandi. Dua mobil tersebut adalah Lexus LX 570 dan Land Cruiser V8. Dua jenis mobil tersebut berwarna hitam. Pemilihan mobil disesuaikan dengan kesepakatan antara Anies dan Sandi.

Lalu, apa saja spesifikasi dua mobil tersebut?

Untuk Lexus LX 570 memiliki pajang 5.005 mm, lebar 1.970 mm, tinggi 1.865 mm, dengan jarak sumbu roda 2.850 mm. Dengan begitu, ruang lapang tersedia bagi penumpang mobil tersebut.Kapasitas mesin sebesar 5.663 cc. Tahun lalu, versi terbaru mobil tersebut dibanderol Rp  3 miliar rupiah.

Sementara itu, untuk Land Cruiser V8 memiliki dimensi panjang 4950 mm, dengan lebar 1970 mm, sedangkan tinggi 1945 mm. Kapasitas mesin sebesar 4.461 cc. Dengan dimensi tersebut, Land Cruiser V8, seperti halnya Lexus 570 memberikan ruang lapang bagi penumpangnya. 

Diketahui, keluaran terbaru mobil tersebut dibanderol Rp 1,9 miliar. Kedua mobil ini juga pernah dipakai oleh gubernur dan wakil gubernur sebelumnya, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Ahok menggunakan Land Cruiser V8, sedangkan Djarot menggunakan Lexus LX 570

Meski, kini sudah ada dua mobil dinas, Pemprov DKI berencana melakukan pengadaan mobil dinas baru untuk gubernur dan wakil gubernur. Sebabnya, mobil dinas lama sudah dianggap tua. 

Namun, belakangan Anies mengatakan tidak akan menggunakan mobil dinas. Ia mengaku hanya akan menggunakan mobil pribadinya yang bermerk Kijang Innova. 
Saksikan live streaming pelantikan Anies-Sandi langsung dari Istana Merdeka, Senin (16/10) pukul 15.30 WIB di website kumparan. kumparan bekerjasama dengan NET. menyiarkan langsung momen-momen pelantikan pemimpin baru Jakarta. [kumparan]

Subscribe to receive free email updates: