Tak Dapat Bantuan Pemerintah, Warga Bangun Sekolah Secara Swadaya

Kadisdikbud : Akan kita prioritaskan di Tahun 2017

Siswa SDN 33 Talang Ubi beserta guru, anggota Polsek Talang Ubi dan awak media

TALANG UBI -- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 33 Talang Ubi yang terletak di Dusun Sungai Limpah  Desa Sungai Ibul Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematag Ilir (PALI), kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. Selain ruang belajar yang berlantai tanah serta dinding dari papan, atap sekolah ini juga menggunakan daun yang sudah rapuh. Kondisi tersebut semakin parah pada saat musim hujan, pasalnya, selain membuat siswa kebasahan, atap yang rapuh itu juga mengancam keselamatan para siswa.

kepala Dusun (Kadus) Sungai Limpah, Ali Ipin, saat ditemui awak media mengatakan bahwa jauhnya letak sekolah tersebut serta kondisi jalan yang berlumpur, kerap membuat seragam siswa penuh dengan lumpur karena terpeleset dan telat sampai ke sekolah.

Dikatakan oleh Ipin, dirinya dan kades Sungai Ibul telah mengajukan permohonan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan PALI untuk dibangunkan gedung sekolah, namun hingga saat ini belum ada tanggapan. “Akhirnya, masyarakat gotong royong untuk membangun sekolah ini dengan cara swadaya,” jelas Ipin.

Sementara itu, Resi Nasri Jelita salah satu tenaga pengajar disekolah itu berharap agar Pemkab PALI melalui dinas terkait dapat memberikan perhatian dan mau membangun sekolah tempat ia mengajar. “Selain gedung yang tidak memadai, sekolah kami juga membutuhkan fasilitas, sarana dan prasarana,” pungkasnya.

Kadisdikbud PALI; Drs Abu Hanifah


Terkait pembangunan sekolah tersebut, Kadisdikbud PALI; Drs Abu Hanifah saat dikonfirmasi BeritaPALI, Jumat (25/11) mengatakan bahwa di Tahun 2016 tidak memungkinkan untuk dilakukan pembangunan menggukanan dana APBD karena anggaran yang sangat minim, sedangkan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK), tidak diperbolehkan digunakan untuk pembangunan Unit Sekolah Baru (USB). “Untuk itu, pembangunan USB SDN 33 Talang Ubi itu akan kita prioritaskan di Tahun 2017,” pungkasnya.[az]

Subscribe to receive free email updates: